Kebun Binatang Ragunan, Tempat Wisata Edukasi Hewan Di Jakarta

Kebun Binatang Ragunan, Tempat Wisata Edukasi Hewan Di Jakarta

Berekaiart – Berdirinya Jakarta International Stadium juga menambah daftar destinasi wisata di Jakarta. Namun, bukan berarti destinasi wisata seperti Kebun Binatang Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan (KBR) terlupakan.

Kebun binatang ini terus menjadi favorit keluarga untuk kunjungan pendidikan. Set yang dilengkapi dengan fasilitas yang sangat mendukung menjadi alasan mengapa destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi.

Selain itu, kebun binatang ini memiliki area yang sejuk dengan koleksi yang lengkap. Sehingga wisatawan dari segala usia tetap bisa menikmatinya, mulai dari anak-anak hingga orang tua bahkan kakek-nenek.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan Jakarta atau Kebun Binatang Ragunan adalah tempat wisata favorit keluarga di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan beberapa grup rental Hiace Jakarta dari luar daerah tidak datang ke sini untuk melihat koleksinya.

Koleksi taman wisata ini sangat lengkap dengan sekitar 20.000 flora dan 2.000 fauna yang terdiri dari 210 spesies. Luas taman ini sekitar 140 hektar, yang menjadikannya salah satu kebun binatang terbesar di dunia.

Inilah mengapa Ragunan bisa menjadi pilihan wisata yang tepat untuk keluarga. Tidak hanya bisa jalan-jalan dan melihat binatang, pengunjung yang datang juga bisa bersantai sambil menikmati alam bebas.

Kebun Binatang Ragunan sudah ada sejak tahun 1814. Saat itu masih menggunakan nama Planten en Dierentuin sedangkan Jakarta masih menggunakan nama Batavia. Meski berada di tengah kota, bukan berarti taman ini panas atau tercemar.

Objek Wisata Kebun Binatang Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan memiliki banyak atraksi utama yang terbagi menjadi dua kawasan; kawasan satwa dan tempat rekreasi. Anda dapat menjelajahi semua area tanpa khawatir.

1. Area hewan

Pada zona ini terdapat beberapa kriteria yaitu Mamalia, Reptil dan Burung. Untuk kawasan mamalia sendiri, setidaknya ada 29 jenis hewan berbeda yang bisa Anda temukan tepat di dalam kandang.

Sebut saja misalnya Beruang Madu, Harimau Sumatera, Siamang, Orang Utan, Gajah dan lain-lain. Kawasan mamalia ini dibagi lagi menurut temanya, seperti primata, Afrika, dll. Kemudian untuk area reptil, Anda dapat menemukan hewan langka seperti komodo, Sawah Sanca Putih dan lainnya. Apalagi ada lebih dari 11 jenis reptil yang bisa Anda temui, misalnya penyu pipih merah.

Anda yang datang bersama anak-anak juga wajib mengunjungi bird and bird area disini. Anda dapat menemukan berbagai jenis burung dan unggas, bahkan ada yang jinak untuk difoto. Biasanya jenis burung yang akan difoto adalah burung beo, burung beo dan burung kecil lainnya. Namun tidak jarang burung besar seperti elang dan burung hantu berfoto bersama Anda.

2. Tempat rekreasi

Kebun Binatang Ragunan memiliki tempat rekreasi yang menawarkan wisata edukasi dan pengalaman seru terutama untuk anak-anak. Tentu saja, pengunjung dewasa juga bisa bersenang-senang di area ini.

3. Pusat Primata SCHMUTZER

Tempat ini merupakan kawasan khusus untuk semua jenis primata dari seluruh Indonesia. Konsep tersebut memungkinkan primata bebas berkeliaran di kawasan yang menyerupai habitat aslinya.

Pengunjung yang mendekat akan dapat melihat dari sisi jembatan dan terowongan yang sudah tersedia. Di balik kaca pelindung, Anda dapat dengan jelas melihat primata ini bergerak bebas dari sisi ke sisi.

4. Taman Refleksi

Taman ini bisa menjadi tempat untuk berfoto, bersantai dan berolahraga. Untuk kunjungan yang maksimal, sebaiknya Anda datang ke taman ini pada pagi atau sore hari. Sekarang adalah waktu yang tepat. Jika sudah pagi, setelah itu Anda bisa menjelajahi daerah lain.

5. Taman Satwa Anak

Ini adalah area yang menjadi favorit anak-anak karena ada banyak hewan favorit mereka. Ini adalah akuarium raksasa dengan ikan Arapaima. Berat ikan ini mencapai 100 kg. Ada juga wahana unta, wahana gajah, Goose Boat Park dan masih banyak lagi. Wajar jika kebun binatang ini masuk dalam daftar wisata Jakarta populer yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga.

Sumber:

Eviwisata.com