Hiburan

Kembalinya Konser Musik Di Indonesia Setelah New Normal

Kembalinya Konser Musik Di Indonesia Setelah New Normal

Berekaiart – Di era pandemi Covid-19 ini, masyarakat mulai terbiasa dengan kebiasaan baru yang sudah diterapkan. Kegiatan kerja atau sekolah yang dilakukan secara online, bahkan untuk hiburan pun bisa dilakukan secara online.

Seperti konser musik yang diadakan secara online untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Namun, setelah 3 tahun meredanya pandemi Covid-19 di Indonesia, konser yang dulunya digelar secara online kini bisa digelar secara offline. Hal ini disambut antusias oleh para penonton yang ingin merasakan euforia konser yang sesungguhnya, dan tidak hanya melalui layar kaca.

Juga, ini adalah kesempatan bagi musisi untuk pulih dan dapat bermain konser lagi. Meski konser musik mulai dilakukan secara langsung atau offline, masyarakat tetap harus dibatasi dan selalu menghormati protokol kesehatan yang telah diberlakukan. Pasalnya, saat peristiwa besar, risiko penularan Covid-19 sangat tinggi.

Untuk meminimalisir penularan Covid-19 pada saat acara besar seperti konser musik, kegiatan tersebut harus mengikuti pedoman pelaksanaan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
Tips yang harus dilakukan saat menonton live konser adalah:

1. Pastikan Anda telah divaksinasi dengan dosis minimal 2, karena sebagian besar acara seperti ini memerlukan bukti vaksinasi. Karena vaksin itu sendiri dimaksudkan untuk melindungi dan meningkatkan kekebalan masyarakat.

2. Setelah itu, beli tiket secara online. Biasanya di era pandemi ini, untuk mendapatkan tiket cukup mengunjungi website atau menghubungi contact person yang tertera. Karena jika pembelian dilakukan secara offline, kemungkinan besar orang akan mendekat.

3. Jika Anda membeli tiket, pastikan tubuh Anda sehat kembali. Jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Karena saat mengalami gejala demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan dan sesak napas. Petugas biasanya akan melarang Anda memasuki ruangan.

4. Di hari besar konser, bawalah peralatan sanitasi agar tidak tidur. Seperti hand sanitizer, tisu basah, dan masker wajah. Jangan lupa cuci tangan sebelum masuk kamar.

5. Saat memasuki venue, disarankan untuk selalu memakai masker dari awal hingga akhir acara untuk mencegah penularan penyakit melalui droplet dari penonton lain.

6. Bawalah masker cadangan untuk menggantikan masker keringat basah. Selain itu, disarankan untuk mengenakan pakaian dan sepatu tertutup untuk meminimalkan kontak fisik saat bermain dengan penonton lain.

7. Menahan diri dari menyentuh sesuatu yang tidak perlu selama konser, seperti memegang pagar, kursi penonton, dll.

8. Anda diharapkan untuk makan dulu, sehingga perut Anda kenyang dan Anda tidak sabar untuk melihat konsernya.

9. Menjaga stamina dan menjaga kesehatan saat menonton konser.

10. Dan tentunya jangan lupa membawa minuman sendiri.

Acara besar seperti konser musik ini memiliki risiko penularan Covid-19 yang tinggi, yaitu 9/10. Walaupun ini new normal, tapi tidak 100% covid-19 hilang.

Oleh karena itu, kita tidak boleh meremehkan dan kita harus mentaati aturan yang berlaku. Regulasi konser musik dibuat sangat ketat agar masyarakat tetap dapat menikmati konser dengan rasa aman dalam kenormalan baru ini yang belum 100% normal, selain dengan tetap menghormati protokol kesehatan, hal ini juga dapat dilakukan dengan melaksanakan vaksinasi dan antigen cepat. atau tes PCR dulu.

Sumber:

Download lagu

Genre Musik Blues, Genre yang Penting di Dunia Musik

Genre Musik Blues, Genre yang Penting di Dunia Musik

Berekaiart – Blues adalah salah satu genre musik yang paling populer. Jenis musik blues ini berasal dari komunitas Afrika Amerika yang tinggal di ujung selatan Amerika Serikat. Sejak kemunculannya di akhir tahun 1800-an, musik blues terus berkembang menjadi salah satu genre musik paling populer. Musik blues juga sering dipadukan dengan genre musik lain seperti jazz atau rock.

 

Dalam perkembangannya, muncul beberapa musisi yang memainkan musik blues dengan baik, seperti B.B. King, Robert Johnson, Muddy Waters, untuk Stevie Ray Vaughan. Di balik asyiknya musik blues, Anda juga perlu mengetahui beberapa informasi tentang pengertian musik blues, sejarahnya, ciri-ciri dan klasifikasi yang membedakan musik blues dengan genre musik lainnya.

 

definisi musik blues

Musik blues adalah genre musik yang mulai ada pada akhir tahun 1800. Musik blues berasal dari Amerika Serikat bagian selatan, perkembangan dari aliran musik folk dan musik tradisional Afrika dan berasal dari tradisi orang kulit hitam di Amerika. Genre musik blues erat kaitannya dengan lagu-lagu ritual dan spiritual khas tradisi Afrika.

 

Awalnya, banyak yang mengatakan bahwa kata blues digunakan dalam musik blues sebagai singkatan dari “blue devils”. Kata “setan biru” dianggap melambangkan halusinasi visual dan kesedihan yang menjadi tema banyak lagu blues di masa lalu. Namun, banyak sumber berpikir blues adalah kependekan dari “blue note”.

 

Gaya musik blues awal

Gaya musik blues paling awal adalah ketika dikenal sebagai country blues. Fitur-fiturnya sederhana. Hanya penyanyi solo yang bernyanyi dengan diiringi gitar atau piano. Juga, pada tahun 1920-an, jenis musik yang disebut “delta blues” muncul di Mississippi, Amerika Serikat. Delta blues bermula dari kemiskinan buruh yang tertindas oleh petani. Saat itu, musik blues masih sangat tradisional dengan lagu-lagu daerah yang dinyanyikan secara lisan. Liriknya sering diadaptasi dan kemudian diubah menjadi lirik baru untuk hati para musisi.

 

Selain gitar, harmonika juga mulai populer untuk mengiringi delta blues. Jadikan lagu ini lebih berirama. Lirik sederhana dengan vokal yang kuat dan pesan yang kuat dan menggugah menjadi ciri gaya musik kuno ini. Yang paling penting dari gaya musik awal ini, tentu saja, penggunaan teknik slide pada gitar. Teknik khas yang menghasilkan suara dering yang indah sekaligus pahit. Sampai saat ini teknik slide ini masih banyak dijumpai pada konser musik blues. Musisi blues paling terkenal di zaman kita adalah Bessie Smith dan Robert Johnson. Keduanya dikreditkan dengan mempopulerkan blues di tahun 1920-an, dengar di mp3 juice.

 

Fitur musik blues

Musik blues adalah turunan dari cerita rakyat Afrika dan musik pribumi. Tema yang digunakan pada awal perkembangan musik blues ditemukan pada lirik lagu yang berkaitan dengan hal-hal spiritual dan spiritual. Pola musik blues aslinya menggunakan pola call and answer dengan lirik lagu sepanjang empat baris. Dua baris pertama teks adalah pertanyaan dan dua baris terakhir adalah jawaban.

 

Ciri lain dari musik blues dapat dilihat pada nada bass dan instrumentasi yang digunakan. Di balik itu, lirik bluesnya juga unik. Pada umumnya lagu bass klasik menggunakan sebaris lirik yang biasanya diulang sebanyak empat kali, tergantung lagunya. Pada awal abad ke-20, musik blues berkembang kembali, kali ini menggunakan struktur AAB pada ritme akhir liriknya.

 

Lirik yang digunakan pada waktu itu banyak membahas masalah kehidupan masyarakat Afrika Amerika. Blues juga memiliki beberapa sub-genre, yang paling populer adalah Delta blues, country blues, atau Chicago blues. Musik blues sendiri baru menjadi populer di seluruh dunia setelah Perang Dunia II, terutama berkat perkembangan electric blues dan blues rock, dengar di stafaband.

 

Blues juga sering digabungkan dengan genre musik lain seperti jazz blues atau juga R&B (rhythm and blues), genre musik blues yang berkembang. Selain itu, banyak musisi blues yang muncul dan sering menghasilkan lagu-lagu blues terbaik, bersama B.B. King ini biasa disebut sebagai King of the Blues. Saat ini juga banyak penyanyi atau band yang memainkan musik blues, baik blues murni maupun campuran dengan genre musik lainnya.

 

Cikal bakal gaya musik populer

Salah satu gitaris blues adalah T-Bone Walker. Dia adalah orang pertama yang menggunakan suara dan teknik gitar yang menjadi cikal bakal rock. Salah satu ciri khasnya adalah menggunakan solo gitar yang panjang dan menaikkan level ampli ke level distorsi. Hal ini membuat banyak gitaris menirunya juga. Tak heran jika era urban blues melahirkan banyak solois gitar terpercaya, termasuk B.B. Raja dan Buddy Guy.

 

Pada tahun enam puluhan, popularitas blues tak terbendung. Musik ini menyebar luas di luar Amerika Serikat, terutama di Inggris dan di seluruh Eropa Barat. Gitaris blues terkenal Inggris seperti Eric Clapton dan Stan Webb juga mengadaptasi gaya urban blues dengan penguasaan gitar elektrik. Mereka juga membuat teknik dan formula blues lebih populer.

 

Rumus dan teknik untuk musik blues semakin banyak digunakan. Ini bukan hanya kekuatan pendorong di balik kebangkitan rock, tetapi juga banyak musik populer lainnya. Faktanya, blues memiliki pengaruh besar pada hampir setiap gaya musik populer. Kesederhanaan struktur 12-bar blues memberi musisi kesempatan untuk mengekspresikan ide musik secara bebas. Ungkapan bahwa blues adalah akar dari musik populer memang benar adanya. Musik Roots Blues terus memiliki pengaruh besar di seluruh dunia hingga hari ini.